Garut Domba Lampung yang memiliki berbagai manfaat - Rembang Jawa Tengah

Garut adalah nama yang diberikan untuk domba Garut. Domba Lampung merupakan jenis domba yang dibudidayakan di Lampung. Domba Garut dikenal secara ilmiah dengan nama Ovis Aries, yang merupakan hasil persilangan domba lokal Capstaad dengan Merino. Di daerah asalnya, domba Garut lebih sering terlihat di adu atau diadu.

 

Ada banyak studi penelitian untuk mengetahui lebih banyak tentang jenis breed khusus ini. Misalnya untuk menemukan pertanyaan: mengapa domba Garut merupakan jenis domba yang paling terkenal. Tidak hanya terkenal secara lokal dan nasional, tetapi terkenal di seluruh dunia.

 

Kajian tersebut salah satunya diwujudkan dalam bentuk publikasi berjudul Aksesoris dan Aksesoris Domba Garut Diterbitkan melalui Unpad Press. Yang terungkap memang benar domba Garut Lampung memiliki ciri yang tidak dimiliki oleh jenis domba lainnya. Ini termasuk bentuk telinga, bentuk ekor serta kulit yang mengungkapkan keunikan masing-masing.

 

Jika kita berbicara tentang sektor ekonomi memang domba garut sangat mampu mendongkrak nilai ekonomi ternak. Tidak sedikit peternak yang sudah sukses dan mampu mengatasi guncangan ekonomi (seperti saat pandemi) hanya mengandalkan penjualan domba Garut.

 

Hal ini didukung oleh pangsa pasar domba Garut sendiri. Hebatnya, beternak domba Garut bisa menjadi usaha besar atau bahkan usaha sampingan bagi para peternak. Breed domba genetik yang baik dapat membantu berkembang dengan cepat dan dramatis.

 

Keunggulan Daging Domba Garut Lampung

 

Melihat peluang beternak domba Garut terbuka lebar, salah satu hal penting yang harus dimulai adalah indukan. Peternakan Gibas Barokah menjual domba Garut di Lampung dengan kualitas genetik lokal yang terjamin. Berbeda dengan domba perah dan pedaging, domba Garut memiliki dunia tersendiri dan eksklusif.

 

Juga domba Garut termahal yang tercatat pernah dibeli di atas 120 juta rupiah. Pemiliknya adalah seorang petani di daerah yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Mirip dengan hewan yang bertarung, salah satu aspek yang menentukan harganya adalah kecepatan mereka di medan perang.

 

Aspek lain meliputi genetika dan postur tubuh, bentuk rambut, dan kualitas perawatan yang ditawarkan oleh peternak. Ketika domba juara yang sudah pensiun berhenti bertanding, harga keturunannya sangat tinggi. Karena mengandung genetik terbaik dari breeder juara.

 

Lebih dalam, berikut beberapa keunggulan domba Garut Lampung yang perlu Anda ketahui.

 

1. Memiliki Pangsa Pasar Yang Stabil

Permintaan domba Garut Lampung tidak berkurang. Sehingga peternak yang fokus pada budidaya wol Garut berpeluang besar untuk mengembangkan usahanya. Bahkan, harga jual salah satu hewan tersebut berpeluang naik.

 

Untuk itu, banyak peternak mengambil domba Garut yang berkualitas sebagai indukan. Ini adalah investasi untuk masa depan. sumber untuk membuat dinasti keturunan domba terbaik untuk dijual dengan biaya tinggi.

 

2. Apakah memiliki penggemar sendiri

Seperti domba, pada umumnya daging, kulit susu, kotoran dan bulunya semuanya digunakan. Keunggulan domba Garut tidak hanya sampai di situ. Domba Garut juga bisa dominan sebagai atlet di arena adu ketangkasan.

 

Jika Anda melihat bentuk tanduknya yang melengkung dan memukau, Anda pasti akan mendapatkan kesan gagah. Namun, klakson memiliki fungsi tertentu. Bisa digunakan sebagai alat musik, seperti jalu pada kaki ayam. Bentuk tanduk domba Garut lebih besar, panjang, dan kuat dibandingkan dengan jenis domba lainnya.

 

3. Memiliki Harga Fantastis

Domba Garut termahal dan terbesar bisa disamakan dengan harga mobil baru alias ratusan juta rupiah per orang. Sudah kami sampaikan sebelumnya, potensi pertumbuhan ekonomi domba Garut sangat luar biasa. Pasar tidak hanya bisa melihat penampilan daging tetapi juga kemampuannya untuk tampil dalam kompetisi ketangkasan.

 

Mahalnya harga domba Garut juara bagaikan bola salju. Artinya, harga anakan domba tersebut tentu tidak semahal itu. Sehingga ketika sebuah peternakan memiliki keistimewaan memiliki domba Garut kelas dunia, selain terkenal peternakannya juga memberikan keuntungan finansial yang sangat baik.

 

4. Perawatan Mudah

Pemeliharaan domba Garut Lampung sama persis dengan pemeliharaan domba pada umumnya dalam bidang kandang dan pertimbangan teknis. Kebalikan dari pakan, domba Garut membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dan serat yang lebih banyak. Diet tinggi serat akan memperkuat otot, daging dan membantu dalam pembentukan tanduk, tulang, dan tulang domba.

 

Hal inilah yang menyebabkan kandungan lemak pada domba Garut lebih sedikit. Sangat ideal untuk menggunakannya untuk tujuan lain, seperti yang digunakan untuk tujuan pengorbanan. Domba Garut memiliki berat yang sangat banyak. Domba Garut merupakan salah satu domba super jumbo tertinggi kelas A, beratnya bisa melebihi 100 kilogram, dan diperkirakan berumur dua tahun!

 

5. Domba Garut Lampung Mudah Di Pemasaran

Domba Garut terkenal di Indonesia terutama karena diberi label tambahan sebagai hewan petarung yang lincah.

Comments

Popular posts from this blog

UDitch Unicon Jawa Tengah: Solusi Terbaik untuk Mengatasi Masalah Banjir

Ini Cara Mendapatkan dan Menukar Kode Gratis Top Eleven

Sepuluh Langkah untuk Performa Maksimal pada Domba Dorper di Usia Muda - Lampung