Membiakkan Domba Dorper dapat memastikan Anda sukses - Tegal Jawa Tengah

1. Pemberian Pakan Tinggi Serat untuk Pemenuhan Nutrisi

Pakan merupakan faktor kunci dalam pengembangan dan produksi domba Dorper. Makanan yang berwarna hijau seperti rumput adalah suatu keharusan. Serat yang dihasilkan rumput domba sangat penting sebagai sumber makanan alami di lingkungan alami.

 

Terutama rerumputan yang berukuran kecil dan sangat lunak. Untuk memprediksinya, boleh menggunakan cutter atau mesin tattoo agar ukuran rumputnya pas. Selain pakan hijauan, pakan domba pedaging yang tak kalah vitalnya adalah protein. Nilai gizi protein ini bisa Anda dapatkan dengan memberikan konsentrat. Penggunaannya cukup mahal, sehingga tidak jarang peternak menggantinya dengan jenis pakan lain yang lebih murah.

 

Jika Anda akan menerapkan sistem peternakan terbuka yang memungkinkan domba dilepasliarkan, beri mereka waktu antara 6 - 8 jam untuk mencari sendiri rumput hijau (bergantung pada jumlah rumput yang tersedia di area tersebut). Setelah itu, Anda dapat memberikan jagung (0,2 antara 1,2 dan 1,4 kilogram) dan rumput kering (0,9 - 2,2 kg) untuk setiap domba berdasarkan usia mereka pada waktu setiap hari.

 

2. Vitamin dan Pakan Alternatif

Selain itu, dalam proses memberi makan domba untuk menggemukkan, mereka biasanya membutuhkan suplemen tambahan seperti vitamin. Pakan alternatif memerlukan penyesuaian mulai dari awal, artinya tidak bisa diberikan sebagai pakan utama (rumput). Variasi pakan alternatif bergantung pada situasi domba itu sendiri.

 

Dengan menerapkan metode sapi potong, kemungkinan untuk meningkatkan hasil daging sangat terbuka lebar. Khususnya mengikuti proses breeding untuk menghasilkan Fullblood Dorper dan F1. Kuncinya ada pada pejantan fullblood untuk meningkatkan kualitas dan kondisi domba lokal secara keseluruhan.

 

3. Distribusi Domba Dorper yang Tepat

Panen domba yang melimpah berasal dari hewan ternak, namun tidak berhenti sampai di situ. Namun, itu harus didistribusikan dalam prosedur yang menargetkan kolektor yang tepat. Anda bisa mengemas daging segar, mengolahnya menjadi produk makanan olahan atau menjualnya ke supermarket setiap hari.

 

Pasar Daging Sapi

Di sisi lain ekspor daging kambing Dorper ke luar negeri masih sangat menjanjikan. Karena di sana, daging Dorper merupakan bahan utama pembuatan domba, selain kambing Boer.

 

Domba memiliki jumlah gizi yang sangat baik, dengan kalsium kolesterol, lemak, protein dan serat di dalamnya. Terutama hasil daging Dorper yang teksturnya sudah dikenal sangat enak sejak dulu.

 

4. Peternakan Domba Jangka Panjang

Cara membesarkan Dorper selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah terkait dengan perawatan. Berbeda dengan kambing, domba memiliki bulu yang lebih cepat tumbuh, sehingga Anda bisa memotongnya kembali agar tidak terlalu menggumpal.

 

Trah Dorper memiliki bulu pendek tetapi ekornya sangat kuat. Ekor Dorper di negara lain mendapat perlakuan khusus dengan memangkasnya. Di Indonesia cukup dengan memangkas bulu ekor agar tidak menggumpal.

 

5. Memeriksa Gudang Pakan

Setiap petani pasti memiliki lumbung untuk menyimpan pakan ternak. Pada waktu-waktu tertentu yaitu dua kali sebulan, sebaiknya periksa persediaan dan kondisi pakan.

 

Apakah pakan tersebut memenuhi persyaratan untuk kebutuhan Dorper yang sangat besar? Apakah pakannya bersih dan bebas dari pertumbuhan jamur? Dengan cara ini, peternakan modern memanfaatkan teknologi dalam mengelola pakan domba.

 

Menghadirkan Domba Dorper Fullblood Asli Sanad Clear

 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan nilai investasi yang cenderung meningkat nilainya dengan pembelian Dorper full blood. Untuk mendapatkan Dorper murni, pertanian modern Australia adalah sumber utamanya.

 

Booking Domba Dorper fullblood

Kami telah membawa breed domba Dorper fullblood yang tidak dicampur dengan gen domba lain. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat asli Australia. Selain itu, domba yang mereka beli dijamin sehat, bersih, sehat, dan bebas dari cacat.

 

#hargadombadorper #dombadorperf1 #hargaanakandombadorper #hargadorperfullblood #hargadombadorperf1 #hargadombadorperf2 #dorper #dombadorper #dombadorpergibasbarokah

Comments

Popular posts from this blog

UDitch Unicon Jawa Tengah: Solusi Terbaik untuk Mengatasi Masalah Banjir

Ini Cara Mendapatkan dan Menukar Kode Gratis Top Eleven

Sepuluh Langkah untuk Performa Maksimal pada Domba Dorper di Usia Muda - Lampung